Kisah Perjalanan: Wajah Merahmu di Lawu (part 7..)

Bandung, 27 Oktober 2013

13 Okt’ 2013
04.05 WIB

“OK, Kawan. Kali ini kita akan memperjuangkan tujuan utama kita, mimpi summit attack Lawu. Semoga kita diberi kekuatan, semoga kita diberi keselamatan pada perjalanan kita ke atas. Diberi kekuatan pada perjalanan turun. Selamat sampai rumah masing-masing juga. Menurut agama dan kepercayaan saya, bedoa dimulai.” (Kebetulan yang naik pas ntu kan Islam semua, jadi ga masalah kan kalo gue bilangnya gitu..)

Krik..krik..krik.. ( = beberapa saat kemudian..)

“AMMIIEENN”

Tos dulu lah.. BUKA SITHIK…. (JOOOSSSS…)

Mulai dari pos 5, jalur nggak lagi dari batu tersusun. Kini jalur udah kembali ke alam, alias tanah berdebu.

Berdasar petuah Fahrud, jalurnya bakal gampang. Paling ntar pas terakhir ada tanjakan pasirnya yang bakal bikin berat. Demi mendengar kata pasir n berat, gue langsung keinget sama tanjakan akhir Rinjani juga Semeru. Gile bener ada tanjakan pasir dibilang ringan. Atau mungkin cuman pendek doang ya. Tapi yang paling bikin gue bingung tu, Lawu kan gunung yang udah gak aktif, tapi kok puncaknya pasir ya? Keren.

Mendengar kata itu, harusnya rasa lelah langsung tertumpu di pundak. Rasa takut harusnya menggelayut di hati. Tapi tidak.. tidak denganku. Seperti kata Zafran di film 5cm: puncak Lawu sudah kutaruh 5 cm di depan sini, sambil nunjuk dahi. Aku tak akan kalah, aku tak akan menyerah, tinggal sejengkal lagi, pasti aku bisa.

Jalur yang kami lalui begitu datar, yang ada cuman muterin punggung bukit. Kalo gini kapan nyampe puncaknya? Padahal menurut indera vektor yang ada di kepala gue, harusnya puncak tu tepat di atas gue, alias tinggal nanjak. Lantas kenapa musti muter dulu gini? Apa jalur yang bisa dilewatin, alias ga extreeme, emang musti muter jauh dulu?

Jalur datar Lawu
Jalur datar Lawu
(perjalanan turun)

Makin lama, menurut vektor gue, posisi kita makin ngejauh dari titik puncak di bayangan gue. Sementara waktu udah kian tipis. Semburat merah udah mulai muncul di ufuk Timur sana. Jangan-jangan kami salah jalur. Akhirnya kami nanya ke warga sekitar. “Benar ke arah sana”.

Ga lama ngelanjutin jalan, keraguan muncul lagi. Untung gara-gara jalannya cepet, kita bisa nyusul rombongan di depan yang cuman jalan santai. “Bener kok ini jalur puncak, dulu gue lewat sini juga. Kalo jalur-jalur kecil yang langsung naik ini juga ke puncak, tapi tu bikinan orang-orang yang pada mbuka jalur. Gue biasanya lewat jalur normal.”

Kita pun nurut aja. Gue sama Alex langsung ningkatin intensitas jalan biar gak ketinggalan rombongan depan ini. Cuman gue gak bisa jalan seenak kepala, gue kudu nunggu Alex, dia nanjak sambil diospek tahap selanjutnya. Dia yang disuruh bawa backpacknya ke puncak, gue berdalih udah bawa tas kamera, haha.

Karena capek, akhirnya tas backpack itu diumpan ke Febri. Alex yang gak bawa barang pun langsung ngimbangin laju gue. Kami berbegas ngejar rombongan di depan yang mulai ninggalin kami.

Gak sadar ternyata Febri sama Sidik lenyap di belakang. Gue ama Alex bingung mau gimana? Nungguin kah? Tapi kalo nungguin bakal ditinggal rombongan depan. Terakhir Febri Sidik keliatan tu di deket bangunan yang banyak orang duduk tadi. Habis itu gak keliatan lagi. Kami coba teriak manggil nama mereka, tapi ga ada respon. God. Kata rombongan depan tadi, motong lewat sana juga bisa, jangan-jangan mereka motong. Gue ama Alex pun merasa dihianatin.

Akhirnya kita mutusin buat ngelanjutin jalan ngejar rombongan depan. Kita jadi ketinggalan jauh. Untungnya ada kru rombongan itu yang berenti sejenak buat foto-foto, kita langsung ngejar.

Gak lama ada tanjakan ke kiri lumayan lebar, ada tiang petunjuk tulisannya “puncak >, PKL UGM”. Tapi rombongan depan  masih lurus, maka ikut lurus lah kami.

Akhirnya dua orang dari rombongan itu kekejar.

Gue: “Mas, mau ke puncak kan?”

Salah satu mereka: “Bukan, kami mau ke warung yang di situ..”

What?? Ke warung? Jadi ga kalian ga ke puncak? Why you no bilang dari tadi..!! Kami tu dari tadi ngikutin kalian..

(Emangnya sapa yang suruh ngikutin, dudul?!)

Wait..what.. warung?? Di puncak gunung gini ada warung.. yang boong aja..

Gue ama Alex langsung muter arah. Gue ama Alex udah terlanjur nyasar jauh banget. Vektor di kepala gue pun nujukin posisi puncak yang kian jauh. Apa yang musti kita lakuin nih.?

Akhirnya kami mutusin buat ngambil tanjakan ke atas yang paling deket. Tanjakan ke puncak bertuliskan PKL UGM tadi. Sekarang udah 04.40, kalo ternyata gagal sunrise attack di puncak, ya sudahlah.

Pokoknya kami bakal nanjakin ni jalur ampe pucuknya. Trus cari arah puncak Lawu di mana. Trus tinggal nyusurin punggungnya sampe puncak. Mau berapa lama pun, masa bodoh. Gue udah ga peduli sama sunrise. Gue udah terlalu kesel gara-gara dikhianatin dua kali.

Pertama dikhianati sama Febri n Sidik. Mereka milih motong jalur. Sementara kita musti muter-muter. Padahal kami nggak bawa bekal sedikit pun, semua bekal ditarok di tas yang dipegang Febri. Kami ndaki cuman bondho nekat. Kami musti bertahan naik trus turun lagi ke pos 5 tanpa makan dan minum. Kalo kepaksa baru minta ke orang. Lebay! (Dramatis dikit lah..)

Penghianatan kedua dari rombongan depan tadi. Kami diarahin buat ngikutin jalur mereka. Tapi ternyata mereka malah pergi ke warung. Lha dalah kopyah.. Sialan.


Sebuah kisah perjalanan dari All Chussna
oleh san

Tinggalkan komentar