Kisah Perjalanan: Wajah Merahmu di Lawu (part 2..)

Bandung, 27 Oktober 2013

12 Okt’ 2013
19.00 WIB

Akhirnya sekitar jam tujuh gue nyampe spot pertemuan. Gue clingak.. clinguk.. nyari rombongan temen gue. Kalo emang bersepuluh, harusnya rame and banyak motor di situ. Nah ini sepi-sepi aja, yang ada cuman warga sekitar yang mau sholat di masjid.

Ehh.. sesaat kemudian temen gue dateng. Datengnya pun cuman 2 motor, 3 orang.

Gue: “Yang laen mana?”

Die: “Ini doang…”

Busyet.. katenye besepuluh, nah inih cuman betiga. Yang bener aje. Untung aye tadi ngajak Alex.

Singkat cerita temen gue itu udah mau ga jadi berangkat. Gara-garanya, kakak tingkat yang waktu itu ngajak dia via fb malah tiba-tiba ga jadi ikut. Trus enam orang lain yang bilang mau ikut, pada ngebatalin juga.

Temen gue ini sebenernya udah mutung, udah pundung. Tapi untungnya die inget ama gue, trus akhirnya jadi berangkat. Jadi terharuuu…

Jadi total kita berlima. Dan sekarang saatnya gue memperkenalkan kru perjalanan:

Gue Sigit, seorang traveler, backpacker. Hobi touring, hiking. Suka olahraga and fotografi. Moto gue “Karna hidupku adalah petualangan”. Seragam mbolang gue kaos abu tua berlutisan depan “DON’T DIE BEFORE YOU GOT RINJANI” dan bertuliskan belakang “I WAS THERE 3726 MDPL”.

kaos
Don’t Die Before You Got Rinjani

Alex, nama aslinya Arif. Tapi di geng gue, dia lebih akrab dipanggil Alex. Bahkan sama keluarga gue, dia juga dipanggil Alex. Bahkan ni ya, ponakan-ponakan gue yang masih umur 2 tahun juga manggil dia “Om Alek.. Om Alek..”. Nama panjang die Alex de Lumphy. Nama Lumphy ini diambil dari tokoh paling nyebelin di kartun unyu-unyu Happy Tree Friends.

Alex de Lumphy
Alex de Lumphy

Bos perjalanan ini, temen gue yang dari Solo tadi, namanya Fahrud. Badannya gempal, wajahnya sangar, udah kayak preman pasar pokoknya. Cocok banget sama jiwa petulangnya. Tapi yang gue ga habis pikir, dia tu kuliah di jurusan PGSD. Bueset dah, gue ga bisa ngebayangin gimana wajah tu anak-anak SD yang lagi diajar ama dia. Hehe.. Cuman bercanda Bos Bro, jangan dicegat di jalan ya..

bos
Bos Fahrud

Dua orang lagi tu temen sejurusan Fahrud. Satu orang kakak tingkat, angkatan 2008, namanya Sidik. Dan yang terakhir namanya Febri, adik tingkat Fahrud.

febri sidik
Febri & Sidik

Oh iya Gue, Alex, sama Fahrud tu anggota Neu Generat10n. Itu sebuah tempat menimba ilmu yang telah mempertemukan kami. Tempat yang mempersahabatkan kami.

20.00 WIB

Perjalanan kami masih berlanjut. Motor masih harus digeber sampe pos pendakian Cemoro Sewu. Ternyata rutenya kini lebih menantang. Nanjak yang bener-bener nanjak. Nikung yang bener-bener nikung. Sang rider musti pinter-pinter mainin gigi. Kalo perlu nanjaknya megal-megol kaya pembalap sepeda di Tour de France kalo pas di etape tanjakan.

Sebenernya tantangan utamanya laen itu. Musuh utama gue sebenernya udara dingin. Pas masih di daerah Tawangmangu tadi, udara masih bro ama gue, 11-12 lah ama Bandung. Tapi begitu ninggalin kawasan Tawangmangu, tangan gue mulai mati rasa. Beku gara-gara terpapar angin yang diterjang laju motor gue. Padahal gue udah pake sarung tangan.

Gue belum pernah lewat jalur ini, paling mentok ya sampe kompleks Tawangmangu tadi. Gue belum pernah nanjak lebih tinggi. Brutal ni jalur ternyata.

Ga lama, ada petunjuk ke arah kiri: Pos Cemara Kandang, salah satu pos pendakian Lawu. Tapi itu bukan pos pendakian tempat gue and kru bakal memulai pendakian.

Ratusan meter dari sana ada jembatan bergapura besar. Tertera tulisan “Selamat Datang Jawa Timur”. Buset, nembus Jawa Timur.

Dan kayak biasa, begitu masuk Jawa Timur jalannya langsung jadi lebar and bagus. Mirip banget lah kayak pengalaman gue waktu jalan-jalan ke Klayar dulu. Jalur yang awalnya sempit and bolong-bolong tiba-tiba jadi aspal lebar mulus, tepat sebelum masuk Jawa Timur. Tanya kenapa?

20.20 WIB

Peta Cemoro Sewu
Cemoro Kandang, Perbatasan, Cemoro Sewu

Sekilo dari perbatasan, ternyata Pos Pendakian Cemara Sewu udah nongol. Sekitar lima puluh motor udah terparkir di sana. Sial.. rame bener.. Aga males sebenernya gue kalo maen ke tempat wisata pas rame gini, ga bisa bebas, mau poto-poto juga susah. Tapi mau gimana lagi, kan emang baru long weekend.

Entah suhu di sini berapa, yang jelas dingin beuts.. Kit lengkap pun segera dipasang di tubuh. Headlamp, check. Buff, check. Jacket, ckeck. Kaos tangan, check. Celana tebal, check. Kaos kaki, double, check. Sendal gunung, check.


Sebuah kisah perjalanan dari All Chussna
oleh san

Tinggalkan komentar